Kamis, 25 Oktober 2018

Tafsir Al-Qur'an


  Tafsir Alquran
1.      Pengertian Tafsir Al-Qur’an
Istilah tafsir merujuk kepada Alquran sebagaimana tercantum di dalam ayat 33 dari surah Al Furqan. Pengertian yang dimaksud dengan kasyf al mughatha (membukakan sesuatu yang tertutup) dan tafsir menurut Ibn Manzhur adalah membuka dan menjelaskan maksud yang sukar dari suatu lafadz. (Nashruddin, 2012: 39)
2.      Sejarah Tafsir Alquran
  Nabi Muhammad selain memerintahkan kepada para umatnya supaya mempelajari Alquran            dan menuntut arti tujuannya yang sulit atau penjelasannya, beliau pernah juga mendoakan               seorang sahabatnya yaitu Ibnu Abbas R. A. Agar beliau diberi kepandaian dalam ilmu agama termasuk dalam tafsir alquran. Doa Nabi Muhammad dikabulkan oleh Allah, akhirnya Ibnu Abas R. A. Menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad yang paling mahir tentang urusan tafsir alquran. Para ulama tafsir di zaman para sahabat adalah sebagai berikut:
1.      Abdullah Ibnu Abbas R. A., tafsir yang diriwayatkan dari beliau yang paling shahih dan dapat dipercaya ialah yang diriwayatkan dengan jalan Ali bin Abi Thalhah yang biasa diambil/dikutip oleh Al Bukhari, At Thabari. Tafsir dari Ibnu Abbas yang diriwayatkan dengan jalan Ibnu Juraij dan Mujahid biasanya dikutip oleh Bukhari dan Muslim.
2.      Ali bin Abi Thalib. Tafsir yang diriwayatkan dari beliau yang terpercaya adalah tafsir yang diriwayatkan dari Wahbin dari Ibnu Thufail.
3.      Abdullah bin Mas’ud R. A. Tafsir yang shahih dari beliau ini ialah yang diriwayatkan oleh imam At Thabari dalam kitab tafsirnya.
Para sahabat Nabi yang ahli tafsir Alquran kemudian mengajarkan tafsir Aquran kepada para muridnya. Para orang Islam yang hanya dapat bertemu dengan para sahabat Nabi Muhammad yang masih hidup yang mereka itu menururut istilah para ulama Islam disebut tabi’in. Dari antara mereka tabi’in yang ahli tafsir Alquran ialah:
1.      Imam Sa’ied bin Jubair.
2.      Imam ‘Athaa bin Abi Rabah.
3.      Imam ‘Athaa bin Abi Salamah.
4.      Imam ‘Athiyah Al ‘Ufi.
5.      Imam Qatadah.
Mereka itulah para ulama ahli tafsir di masa sesudah para sahabat Nabi Muhammad. (Munawar, 1985: 178-180)

(Ringkasan Makalah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar