Jumat, 02 Februari 2018

BUKU CETAK TELAH PUNAH

Assalamualikum wr.wb
segala puji bagi allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. kemaren waktu lagi viral-viralnya nih dengan yang namanya buku novel dilan. enatah apa bagusnya akupun belum membacanya, namun kemaren aku bisa mengambil hikmah dari hal yang telah aku alami hari itu. yakni ketika lagi viralnya nih, lalu temenku satu kamar ingin tau dan baca novelnya namun apa yang dia lakukan? mudah aja bahkan ia gk bingung sama sekali karna dunia yang skarang adalah dunia digital atau dunia serba canggih. tinggal dicari tuh di mbah google "novel dilan pdf" tinggal download beres tuh. gak usah keluar ketoko buku cari bukunya muter2 ditoko buku lalu melihat buku dengan bandrol harga yang mahal, apalagi lagi best seller pasty mahal tuh dari pada begitu enakan download aja pdfnya.
Lagian isi dari pdf dan buku aslinya juga sama aja. dengan downlod pdfnya yang hanya 5Mb atau lebih dikit deh atau malah kurang dari 5 Mb malah. hem... dari pada beli bukunya yang mahal? wkwkwk......
begitulah anak jaman sekarang atau yang lebih tepatnya dipanggil dengan panggilan "kidd jaman now". orang-orang sering memanggil kita dengan sebutan zaman milenial. dengan segala Fasilitas yang kita nikmati saat ini. hidup serba mudah bagi para konsumen.
NAMUN  jika itu terus terjadi apakah itu baik bagi para penulis buku? mereka menulis dengan semangat dan kerja keras sehingga dapat dicetak menjadi sebuah buku lalu mereka mendapat penghasilan dari penjualan buku yang mereka tulis. Dan ketika kita terus menggunakan E-book gratis atau pdf trus lalu Bagaimana nasib buku cetak dimasa mendatang? lama-lama percetakan2 akan tergusur oleh teknologi. sehingga dari waktu kewaktu buku cetak akan punah dan berganti dengan pdf, E-book dan media lainnya. Dengan tidak adanya buku cetak dan berganti dengan E-book maka akibatnya buku itu gk ada artinya. ketika udah pernah dibaca atau udah bosen tinggal hapus tuh file.
hems.......lalu bagimana nasib mereka yang bekerja sehari-harinya sebagai penjual? ketika buku sudah mulai tidak berlaku berganti dengan ponsel?
maka dari itu marilah kita bangun kesadaran diri untuk tetap menggunakan buku cetak bagi yang masih mampu untuk membeli buku, agar kepunahan buku cetak akan selama dari kepunahan....
wassalamualaikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar